Leaflet-DeepZoom

Ini adalah plugin yang beberapa tahun lalu pernah kami buat untuk keperluan satu pekerjaan. Di antara kebutuhan pekerjaannya adalah :

  1. Membuat gambar stasiun gas bumi.
  2. Gambar (yang sudah dalam format 2D beresolusi tinggi) bisa di-zoom, sehingga komponen peralatan seperti pipa, tangki, valve dll dapat terlihat jelas.
  3. Jika gambar peralatan di-klik bisa terlihat nama dan deskripsinya.
  4. Fitur pencarian lokasi peralatan tertentu, kemudian langsung fokus dan zoom peralatan tersebut.
  5. Sistem berbasis Web

Ketika itu yang terbersit adalah : mirip Google Maps, hanya saja bukan peta jalan, tapi Stasiun Gas Bumi.

Read more »

ZakatCalc v2.0 (Kalkulator Zakat Mal)

ZakatCalc versi terbaru (v2.0) akhirnya resmi kami rilis. Pada versi terbaru ini, kami melakukan beberapa perubahan dan penambahan fitur. Di antaranya, perhitungan untuk beberapa jenis zakat yang lebih lengkap, meliputi zakat emas dan perak, uang dan surat berharga lainnya, perdagangan, pertanian, hewan ternak, serta zakat untuk harta temuan.

ZakatCalc sendiri merupakan software berbasis web. Sepenuhnya menggunakan HTML, CSS dan Javascript/AJAX. Tidak ada dependensi khusus terhadap sistem operasi tertentu, sehingga dapat dijalankan pada berbagai jenis sistem operasi seperti Windows, GNU/Linux dan MacOS. Anda dapat langsung melakukan perhitungan zakat atau mendownload terlebih dahulu software ini dari alamat http://islam.indokreatif.net/zakatcalc/

ZakatCalc

Contoh tampilan ZakatCalc

Software ini masih akan terus disempurnakan. Karena itu, silahkan kirimkan masukan dan saran anda agar software semakin baik. Terima kasih..

Pilot Project e-Monev di Kabupaten Balangan

Sosialisasi eMonev

Perwakilan BAPPEDA Balangan dan Indokreatif Teknologi saat Sosialisasi eMonev

Sekali lagi, Indokreatif Teknologi mendapat kepercayaan dari mitranya. Kali ini kepercayaan tersebut datang dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Balangan – Kalimantan Selatan, untuk mengembangkan sistem e-Monev APBD di lingkungan pemerintahan daerah. Sistem e-Monev ini nantinya akan digunakan oleh 38 satuan kerja (SKPD) di wilayah Kabupaten Balangan guna membantu proses monitoring dan evaluasi kegiatan pembangunan.

Rencana penerapan e-Monev di Kab. Balangan ini merupakan yang pertama di Kalimantan Selatan, bahkan di tingkat propinsi pun sistem sejenis belum diimplementasikan. Serangkaian kegiatan, seperti sosialisasi, telah dilakukan untuk lebih mengenalkan sistem ini kepada calon pengguna (SKPD atau instansi pemerintahan di daerah). Diharapkan nantinya pilot project di Balangan ini dapat dijadikan percontohan dan acuan bagi kabupaten lain. Rencananya sistem ini akan mulai dioperasikan pada tahun 2012.

e-Monev Tayang dalam Program INOVATOR MetroTV

Pada hari Rabu 27 April 2011, tim Indokreatif Teknologi mendapat kesempatan untuk tampil dalam program INOVATOR – Metro TV. INOVATOR merupakan program baru dari MetroTV yang ditayangkan setiap hari Rabu puku 13.05. Dan alhamduliLlah, pihak MetroTV memberikan kesempatan kepada kami untuk tampil (walaupun hanya sebentar) menjelaskan salah satu produk kami, yaitu eMonev – Sistem Monitoring dan Evaluasi APBD/APBN.

Diharapkan dengan kesempatan yang diberikan kepada kami, masyarakat dapat melihat manfaat apa yang bisa kami berikan dari produk kami tersebut. Demikian juga Pemerintah -yang merupakan mitra dalam pemanfaatan eMonev- dapat secara perlahan menggunakan Teknologi Informasi dalam setiap aktivitasnya demi mendukung kemudahan pelayanan dan transparansi publik.

iMulai 3.0 – Kompetisi dan Penghargaan TIK

iMulai 3.0

Tunjukan ide inovasi solusi bisnis yang Anda miliki dalam suatu Kompetisi Inovasi Solusi Bisnis Berbasis TIK dan raih kesempatan presentasi langsung di hadapan Venture Capital (VC)!

Setelah sukses dengan Kompetisi Inovasi Solusi Bisnis bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Indonesia, IMULAI 1.0 tahun 2007 dan IMULAI 2.0 tahun 2008, Microsoft Indonesia bersama USAID kembali mengadakan kompetisi ketiga di tahun 2011: IMULAI 3.0

Kompetisi IMULAI 1.0 dan IMULAI 2.0 telah melahirkan entrepreneur TIK sukses di Indonesia. IMULAI 3.0 kembali hadir sebagai proses berkelanjutan untuk menumbuh-kembangkan semangat entrepreneurship serta memacu semangat inovasi bagi kalangan entrepreneur TIK dan startup lokal Indonesia.

Kompetisi IMULAI 3.0 menawarkan hadiah dan manfaat yang lebih menarik. Informasi selengkapnya dapat diperoleh melalui website www.imulai.org

Tujuh Langkah Mudah Membuat Website

Mungkin tidak sedikit yang merasa kesulitan untuk mengembangkan sebuah website, entah itu untuk keperluan bisnis (seperti profile perusahaan dan toko online), atau hanya sekedar sebagai blog pribadi. Berikut kami berikan tips sederhana bagaimana mengembangkan website anda 🙂

  1. Pilih nama domain yang mudah diingat dan menggambarkan tentang Anda atau bisnis Anda.
  2. Siapkan materi (tulisan, gambar, dll) yang diperlukan.
  3. Buatlah desain website yang tampak elegan dan profesional.
  4. Manfaatkan SEO (Search Engine Optimization) agar website Anda dapat dengan mudah ter-indeks oleh mesin pencari seperti Google.
  5. Lakukan pembelian domain dan hosting sesuai dengan kebutuhan space dan bandwidth.
  6. Upload file dan materi website. Dan.. website Anda pun sudah siap untuk diakses dari mana dan kapan saja.
  7. Semuanya dapat dengan mudah Anda lakukan hanya dengan menghubungi kami : info [at] indokreatif.net

Muslim Fair 2010

Indokreatif Teknologi yang juga bergabung dalam Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia ikut serta meramaikan Muslim Fair 2010, yang diselenggarakan pada tanggal 30 Januari – 04 Februari 2010, bertempat di Mandala Bhakti Wanitatama. Silahkan kunjungi stand Pengusaha Muslim, dan dapatkan informasi produk dan layanan yang disediakan oleh Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia. Tersedia juga talkshow dan layanan konsultasi bisnis gratis..

Idul Fitri 1430 H

Indokreatif Teknologi mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H. Mohon maaf lahir dan batin. TaqobbalaLlahu minna wa minkum, minal ‘aidin wal fa’izin. Semoga Allah menerima semua amal ibadah kita, dan memasukkan kita ke dalam golongan orang-orang yang memperoleh kemenangan. Amin ya Rabb al ‘alamin..

Penghargaan Special Mention INAICTA 2009

Special Mention INAICTA 2009Indokreatif Teknologi dengan karya eMonEv (Sistem Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Pembangunan – APBD dan APBN), memperoleh penghargaan Special Mention pada ajang Indonesia Information and Communication Technology Award 2009. Special Mention merupakan penghargaan khusus atas rekomendasi dewan juri untuk karya inovasi yang dapat memberikan manfaat dan diaplikasikan secara luas dalam skala nasional, atau teknologi tepat guna. Malam Anugerah dilaksanakan di Jakarta Convention Center pada tanggal 29 Juli 2009 yang dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Muhammad Nuh. Jayalah terus karya anak bangsa..

eMonev untuk Urai Benang Kusut Birokrasi

kompIndo150[detikinet.com] Pemerintah identik dengan birokrasi kusut. Kerumitan sistem birokrasi ini bisa diurai lewat sebuah sistem informasi yang dirancang untuk memonitor sekaligus mengevaluasi program kerja pemerintah.

Sistem informasi yang dimaksud adalah eMonev. Sistem ini mengintegrasikan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) seperti pengumpulan data dan informasi kegiatan pembangunan, pelaporan kegiatan, termasuk pemantauan oleh kepala daerah.

Aplikasi ini nantinya bisa diterapkan di level kota/kabupaten maupun provinsi.

Menurut Al Farisi, sang pembuat aplikasi, ide awal pembuatan eMonev ini berangkat dari berbagai persoalan di pemerintah. Beberapa di antaranya adalah, keterlambatan laporan, duplikasi data dan pekerjaan, serta sulitnya memperoleh informasi.

Padahal, masyarakat perlu tahu tentang capaian seluruh kegiatan yang dilaksanakan di daerahnya.

“Manfaat utama dari sistem ini adalah transparansi. Selain akses informasi lebih mudah diperoleh, masyarakat juga bisa ikut mengawasi kegiatan pembangunan yang tengah berlangsung,” jelasnya.

Aplikasi dari finalis INAICTA 2009 katagori e-Government ini, ternyata cukup diminati oleh beberapa daerah. Namun, bisakah eMonev menarik minat dewan juri. Kita lihat saja nanti malam, Rabu (29/7/2009).